Pertama di Dunia. Robot Barista Dengan Jaringan 5G

Robot Barista Dengan Jaringan 5G

Penikmat kopi jujur mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan barista yang ditujukan untuk peracik kopi. Namun, bagaimana jika barista tersebut adalah seorang robot? Teknologi mutakhir ini telah mulai dioperasikan di Korea Selatan pada sebuah kafe yang menyajikan kopinya menggunakan robot barista yang dapat beroperasi menggunakan jaringan nirkabel 5G.

Kafe dengan barista robot ini dimiliki oleh KT (Korea Telecom) yang merupakan sebuah perusahaan telepon besar yang terdapat di Korea Selatan. Perusahaan telekomunikasi di Korea Selatan ini telah membuka kafe robot tanpa awak pada tahun 2018 lalu. Tempat ini merupakan sebuah kafe khusus dan unik bernama B; Eat dimana para pelanggannya akan memesan kopi pada robot barista. Ini merupakan ide dan juga konsep pertama di dunia yang mungkin bisa diterapkan juga di beberapa negara maju lainnya.

Cara Kerja Robot Barista Dalam Melayani Pelanggan

Banyak orang yang mungkin akan penasaran dengan bagaimana sistem kerja dari robot barista tersebut. Konsep sederhana dari cara kerja robot ini ialah dengan menerima pesanan lalu menyajikan minuman dan kopi pada setiap pelanggan yang memesannya. KT telah memasang hotspot dengan teknologi 5G (MHS) pada kedai kopi tersebut sehingga robot yang melayani pelanggan akan menerima sinyal dari BTS. Teknologi jaringan 5G yang digunakan pada kafe tersebut digunakan untuk mengirim status robot.

Berita menarik lainnya:

Berdasarkan informasi terkini dan terpercaya, perusahaan KT menerapkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan juga pengenalan suara pada robot tersebut. Nantinya beragam fitur tersebut akan mempermudah pelanggan. Nantinya pelanggan akan mampu membuat pesanan suara dan robot menerima lebih banyak layanan yang disesuaikan melalui AI.

Dikutip dari Korea Times, perusahaan KT pun memaparkan bahwa status dari robot serta CCTV dikirmkan ke menara kontrol 24 jam dalam sehari. Robot tersebut bahkan mampu mengenali pengunjung dan juga mengirimkan rekaman video kepada manajer.

Kedai Kopi Robot dengan Teknologi Jaringan 5G Pertama di Dunia

Perusahaan KT telah mengklaim kalau kafe yang dimilikinya merupakan kedai kopi pertama di dunia yang menyajikan sebuah kopi oleh pelayan robot tanpa awak yang mendukung teknologi jaringan 5G. Hal ini pun diungkapkan langsung oleh kepala divisi bisnis 5G KT yaitu Park Hyun-jin. Dirinya pun memaparkan bahwa robot berbasis tekonologi 5G ini dipercaya dapat membawa perubahan bagi konsumen di seluruh industri yang tidak hanya di Korea Selatan saja.

KT juga telah menggaet waralaba kopi lokal dal.komm yang telah populer di Korea Selatan untuk menguji kualitas teknologi jaringan 5G yang dimilikinya dengan mempekerjakan sebuah robot untuk menjadi barista yang tidak berawak. Kafe ini terletak di dekat Stasiun Gangnam di Seoul Selatan, Korea Selatan.

Sebelumnya, kafe yang melayani pelanggannya dengan robot tanpa awak telah dikenal pertama kalinya di Café X milik Henry Hu yang terletak di San Fransisco, Amerika Serikat. Robot yang digunakan untuk melayani pelanggan di kedai kopi tersebut mampu melayani para pelangan dengan cepat sekali. Dengan demikian pelanggan tidak perlu menunggu lama karena dalam waktu kurang dari 5 menit kopi sudah siap diminum.

Meski Café X memang kafe pertama yang menyajikan kopi dengan menggunakan robot barista. Akan tetapi masih kalah dengan B; Eat di Korea Selatan yang robotnya telah dilengkapi dengan fitur canggih teknologi jaringan 5G. menarik juga ya? Minat untuk ngopi jauh ke Korea?

About the Author: Kontenmu

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!