Robot Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

Berbicara mengenai teknologi yang termasuk di dalamnya adalah robotika, Indonesia masih dikatakan kalah jauh dengan Jepang atau Amerika. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa anak bangsa juga bisa membuat robot yang mendunia. Terlebih dewasa ini banyak sekolah dan kampus di Indonesia yang mulai membuat klub khusus robotika, dimana berguna untuk mengenalkan teknologi robot kepada para siswa dan mahasiswa. Bahkan saat ini sudah mulai berkembang pula klub robotika yang hadir secara mandiri, guna untuk mengenalkan teknologi kepada masyarakat secara umum.

Hingga saat ini, anak bangsa sudah banyak membuat robot-robot hebat yang bahakn berguna untuk bidang industri dan militer. Para mahasiswa Indonesia pun juga mampu menciptakan robot dalam beberapa perlombaan yang diadakan. Tidak tanggung-tanggung, anak bangsa mampu mengalahkan para peserta dari beberapa negara seperti Amerika Serikat serta Tiongkok. Lantas, apa sajakah robot buatan anak bangsa yang mendunia ? Anda sudah penasaran untuk mengetahuinya bukan ? Simak baik-baik artikel kali ini ya!

  1. Robot Aurora

Aurora merupakan robot yang dibuat oleh pemuda Indonesia, bernama Yohanes Surya. Robot ini diciptakan olehnya dengan mencontoh salah satu kendaraan tempur milik Amerika. Robot ini diperkenalkan pertama kali kepada publik pada saat pergelaran pameran di The Biggest Premiere Exhibition in Indonesia. Robot Aurora mampu digunakan untuk menyerang karena terdapat peralatan hebat berupa Airsoft Gun di dalamnya. Selain itu, juga dilengkapi dengan bodi yang sangat kuat, sehingga kemungkinana besar robot Aurora ini akan mampu bertahan jika digunakan di medan pertempuran.

  • Beater 2.3 Robot Pemadam Api

Salah satu universitas di Indonesia tiap tahunnya menyelenggarakan kontes robot yang mampu memadamkan api. Kontes hebat ini banyak diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus besar di Indonesia. Hal ini tentu saja menarik karena tiap kampus berlomba-lomba menunjukkan kehebatannya dalam merakit sebuah robot pemadam api yang canggih, unik dan mampu melakukan tugas dengan baik.

Nah, salah satu robot yang mampu memenangkan kontes ini ialah robot Beater 2.3. Robot pemadam api yang satu ini dikembangkan oleh mahasiswa dari universitas Sultang Agung. Untuk ke depannya, Beater 2.3 akan ikut kontes lagi dan akan dikembangkan ke bentuk yang lebih besar serta mampu membantu tugas dari pemadam kebakaran.

  • Robot Humanoid

Selanjutnya, ada robot Humanodi yang merupakan karya Tim Ichiro, mahasiswa Institus Teknologi 10 November (ITS). Mereka berhasil memperoleh gelar sebagai juara umum dalam ajang olimpiade robot Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA) Humanoid Robot Cup (Hurocup) 2016, yang dilakasanakan di Beijing, Tiongkok. Olimpiade robot ini melibatkan 23 tim robot dari 9 negara, termasuk Indonesia.

  • Robot Gegana

Robot buatan anak bangsa yang mendunia selanjutnya adalah robot Gegana. Dimana robot ini dibuat oleh tim penjinak bom, Gegana Brimbod, Polri. Ya, pada dasarnya robot ini memang diciptakan untuk menjinakkan bom dari jarak jauh. Dengan kehadiran robot ini, maka risiko terkena ledakan bom akan menurun dengan drastis. Bahkan, Gegana cukup menggerakkan robotnya dari jauh dan tidak perlu terlalu dekat dengan lokasi. Nah, selain memiliki kemampuan untuk menjinakkan bom, robot Gegana juga memiliki persenjataan yang dapat digunakan untuk menembak serta mampu menarik benda hingga seberat 70 kg. Cukup menarik bukan ?

  • Robot Tempur TNI AD

TNI AD di Malang mampu membuat sebuah prototype robot tempur yang menyerupai miniatur sebuah tank. Ya, robot temour TNI AD yang satu ini mampu dikendalikan hingga jarak 1 km dari pusat kendali. Dengan kata lain, robot ini akan sangat berguna jika digunakan untuk perang jarak jauh. Hebatnya, robot ini dapat menarik beban hingga 150 kg walaupun memiliki dimensi yang cukup mini. Robot tempur TNI AD ini hanya memiliki panjang 1,5 meter serta lebar 0,5 meter. Selain itu, robot ini mampu bergerak dengan kecepatan 60 km/jam yang mana energinya berasal dari dua baterai 36 volt yang ditanamkan di dalamnya.

  • Robot Pemadam Kebakaran

Satu lagi ada robot pemadam kebakaran, adalah robot yang merupakan ciptaan anak bangsa dari PENS (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya). Tim robot PENS “EFFIRO” menjadijuara lomba robot pemadam api internasional “Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2014” yang dilaksanakan di Trinity College, Hartford Connecticur, Amerika Serikat, pada tanggal 5 hingga 6 April 2014. Anak bangsa mampu menciptakan robot yang mendunia dan mengalahkan tim-tim dari negara Amrika Serikat dan Israel.

  • Robot Unnisula

Robot ciptaan Unisulla ini mampu mendapat juara di Amerika Serikat. Tim robot dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang atau Unisulla ini menyandang gelar juara umum pada kontes robot internasional di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat. Ajang kontes robot ini diselenggarakan pada 203 April 2016 lalu.

Tim robotika terdiri dari tiga mahasiswa yang berasal dari fakultas teknologi ini, yaitu La Ode Muhammad Idris, Faisal Aminudddin dan Ahmad Zuri. Mereka bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai negara di dunia seperti Israel, Tiongkok dan berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Tim Unisulla membawa empat robot yang terdiri dari dua robot pemadam api beroda bernama Kahum I dan Khaum II, serta dua robot pemadam api berkaki dengan nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II.

            Itulah beberapa robot buatan anak bangsa yang mendunia. Sekarang terbukti kan bahawa Indonesia sebenarnya juga mampu membuat beberapa robot hebat yang mampu bersaing dengan robot buatan luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *