Sebuah misteri lama, potret diri Vincent van Gogh ditemukan di balik sebuah lukisan.

Penemuan itu berhasil dilakukan setelah konservator melakukan X-ray terhadap lukisan Van Gogh.

Museum Vincent Van Gogh. (Wikipedia Umum/Wladyslaw)

Duniateknologi.info – Sebuah potret diri Vincent Van Gogh ditemukan tersembunyi di balik sebuah lukisan. Ditemukan oleh konservator di Galeri Nasional Skotlandia.

Potret diri Vincent van Gogh tersembunyi di balik lukisan seniman Belanda tahun 1885, “Head of a Peasant Woman.”

Penemuan itu berhasil dilakukan setelah para konservator melakukan X-ray terhadap lukisan Van Gogh.

Potret diri yang tersembunyi dalam keadaan buram atau memudar karena lem dan karton yang ditempel di bagian belakang kanvas.

Ini sangat menarik. Selama pemeriksaan, timah, cat terberat yang digunakan Van Gogh untuk wajahnya, dimasukkan ke dalam karton dan kemudian dirontgen.Kurator lukisan museum, Leslie Stevenson, seperti dikutip Live Science, Senin (18/7/2022).

Van Gogh melukis “Kepala Wanita Petani” sebagai bagian dari serangkaian karya yang berfokus pada penduduk kelas pekerja Neuen, sebuah komunitas pertanian kecil di selatan Belanda tempat ia tinggal pada tahun 1880-an.

Wanita dalam lukisan itu adalah Guedirado de Groot, seorang pekerja pertanian, mengenakan hiasan kepala berwarna putih, dengan sebagian wajahnya tersembunyi di balik bayangan.

Konservator Senior Leslie Stevenson menampilkan lukisan karya Vincent van Gogh
Konservator Senior Leslie Stevenson menampilkan lukisan Vincent Van Gogh “Pemimpin Wanita Petani” bersama dengan gambar sinar-X dari potret diri tersembunyi Van Gogh. (Kredit gambar: Neil Hanna, Ilmu Langsung)

Dalam sebuah surat tahun 1885 kepada teman dan sesama seniman Anton Kersemaker tentang serial tersebut, Van Gogh menyatakan minatnya pada serial tersebut.

Pada akhir hidupnya, Van Gogh tinggal di Paris dan menyukai sekitar 20 lukisan dengan potret diri.

Sejarawan seni di Galeri Nasional berharap potret diri Van Gogh yang tersembunyi dapat memberikan wawasan tentang kehidupan Van Gogh.

Museum sedang mencari cara terbaik untuk melepas penutup yang tidak perlu tanpa merusak lukisan.

Lukisan dan tanda tangan akan dipajang akhir musim panas ini sebagai bagian dari pameran A Taste for Impressionism museum, yang berlangsung dari 30 Juli hingga 13 November 2022.

Lukisan Vincent Van Gogh itu ditemukan dalam lukisan misterius. (Suara.com/ Lintang Silti Utami).

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!