[SOLVED] 4 Cara untuk Memperbaiki Akses Host Skrip Windows Dinonaktifkan

Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.

GlassTeknologi.com – Jika Anda menerima pesanAkses Host Skrip Windows telah dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator Anda untuk detailnyaDi Windows 7/8/10 mungkin artikel ini adalah artikel yang tepat untuk dibaca karena Anda tahu cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Script Host.

Anda biasanya mendapatkan pesan ini saat mencoba menjalankan skrip .vbs atau java. Jika Anda menggunakan antivirus tambahan di komputer Anda, fitur Windows Script Host ini mungkin dimatikan secara otomatis saat antivirus sedang berjalan. Pasalnya, script .vbs/java ini berisi perintah-perintah yang terkadang menyebabkan komputer crash atau bahkan terinfeksi virus.

Namun, Anda harus tahu bahwa tidak semua skrip ini berbahaya bagi perangkat Anda, bahkan banyak aplikasi/game yang perlu menjalankannya. Tentu saja Windows Script Host harus aktif untuk menjalankannya.

Cara Memperbaiki Akses Host Skrip Windows dinonaktifkan pada mesin ini.

Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.
Host Skrip Windows atau WSH Ini adalah teknologi yang dibuat oleh Microsoft yang menyediakan kemampuan skrip seperti file batch, tetapi mencakup lebih banyak fitur. Script dapat dijalankan langsung dari desktop dengan mengklik dua kali file script atau dari command prompt. Host berbasis Windows dapat dioperasikan dari mode terproteksi wscript.exeatau host berdasarkan shell perintah mode nyata cscript.exe.

Baca juga: [SOLVED] 9 cara yang hilang untuk mengalahkan Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll

Sementara beberapa “malware” telah dilaporkan menggunakan objek WSH untuk penyebaran virus, mereka yang tidak membutuhkan fitur ini cenderung menonaktifkannya. Namun, menonaktifkan WSH mencegah pengguna menjalankan skrip apa pun, termasuk skrip VBScript dan JScript. Namun, beberapa perangkat lunak mungkin mengharuskan fitur ini diaktifkan agar fitur berfungsi dengan baik.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Script Host atau WSH, ini dijelaskan di bawah ini. Berikut cara memperbaiki akses Windows Script Host pada mesin ini di Windows 7/8/10:

1. Aktifkan dan nonaktifkan WSH melalui Editor Registri

Hal pertama yang ingin saya jelaskan adalah penggunaan langsung registry editor/regedit di Windows. Setting pada regedit ini berlaku untuk semua program yang terinstall di komputer anda, salah satunya adalah Antivirus Smadav. Meskipun ada aplikasi yang memblokir WSH, tetapi ketika regedit WSH diaktifkan, aplikasi tidak melakukan apa-apa karena aplikasi tersebut memiliki privilese yang rendah. Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Scripting Host (WSH) di Windows:

  1. Tekan Windows + R Kemudian ketik di keyboard regedit Lalu klik Memasuki.
  2. Sekarang pergi ke:
  3. HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsScript Hosting (Untuk Windows 7 dan di bawah)

    Atau

    HKEY_CURRENT_USERSoftware Microsoft Windows Script Host (Untuk Windows 8 dan di atasnya)

  4. Anda akan melihat posting Sudah bangun Di sebelah kanan tolong Klik dua kali Masukkan dan ganti nomor seperti yang dijelaskan di bawah ini
  • jika kamu mau Aktifkan WSHUbah nomor menjadi 1.
  • jika kamu mau Nonaktifkan WSH.Ubah nomor menjadi 0
Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.
  • Klik baiklah Dan editor registri telah keluar dan pengaturan baru telah berhasil diterapkan.
  • Bagaimana cara mengatasi Windows Script Host di Regedit?

    Jika Anda tidak melihat file aktivasi di folder Pengaturan WSH, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Berikut cara kerja WSH di regedit:

    1. Buka folder pengaturan di regedit Seperti yang dinyatakan di atas ^.
    2. Klik kanan pada bilah sisi kanan lalu arahkan kursor ke teks Pilih Baru → lalu nilai DWORD (32-bit).
    3. Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.
    4. Ganti namanya Sudah bangun Dan Klik dua kali Untuk mengganti konten.

    2. Aktifkan WSH di Smadav

    Antivirus buatan Indonesia, Smadav, biasanya menonaktifkan fitur WSH Windows ini. Biasanya akan muncul pesan jika WSH dinonaktifkan oleh Smadav.Scripting Windows dinonaktifkan oleh Smadav.Jika ini yang Anda alami, jangan khawatir karena cara mengatasinya sangat sederhana.

    1. Klik ikon baki Di sudut kanan bawah jendela.
    2. Setelah itu, Klik kanan pada icon Smadav Dan Pilih Izinkan Skrip Windows dan Office-Macron untuk mengaktifkannya. Teks (permanen) berarti bahwa WSH akan diaktifkan secara permanen (sampai restart) dan WSH akan dinonaktifkan lagi setelah komputer di-restart.mengulang kembali.
    3. Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.
    4. Jika sudah, WSH akan otomatis aktif dan pesan tidak akan muncul lagi.

    3. Menggunakan baris perintah (CMD).

    Anda juga dapat menghidupkan dan mematikan WSH menggunakan baris perintah. Silakan ikuti cara di bawah ini.

    1. buka Prompt Perintah (CMD) modis Administrator.
    2. Salin kode di bawah ini dan tekan Enter untuk setiap baris kode.
    3. 1. REG hapus “HKCUSOFTWAREMIcrosoftWindows Script HostSettings” /v aktifkan /f

      2. REG hapus “HKLMSOFTWAREMIcrosoftWindows Script HostSettings” /v aktifkan /f

    4. Tutup CMD dan pastikan WSH diaktifkan.

    4. Menggunakan Konfigurasi Sistem Windows

    Selain ketiga metode di atas, Anda dapat menggunakan Konfigurasi Sistem Windows untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya:

    1. Tekan Windows + R Kemudian ketik msconfig Lalu klik Memasuki. Anda juga bisa mengetik.”Sistem konfigurasi“Di menu pencarian Windows.
    2. Di menu Umum Dan terus Awal yang dipilih Centang kedua kotakInstal layanan sistem dan instal item startup“.
    3. Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.
    4. Kami pergi ke tab JasaSilahkan klik”Sembunyikan semua layanan Microsoft“Lalu klik.”Menonaktifkan semua“.
    5. Cara mengatasi windows script hosting dinonaktifkan pada mesin ini, hubungi administrator anda untuk detailnya (wscript.exe/cscript.exe) dan di smadav.
    6. mengulang kembali komputer dan masalahnya harus diselesaikan.

    Nah mungkin hanya itu cara mengatasi WSH yang tidak aktif, saya coba cara dan hasilnya Berhasil. Jika cara di atas tidak berhasil untuk Anda, mungkin ada alasan lain, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar di bawah.

    Recommended For You

    About the Author: Andi Setiawan

    EnglishIndonesianJapaneseRussian
    error: Content is protected !!