Teknologi Baru Lawan Corona, Diagnosis Penyakit Paru-paru Berbasis AI

Teknologi Baru Lawan Corona Diagnosis Penyakit Paru-paru Berbasis AI

Teknologi Baru Lawan Corona, Diagnosis Penyakit Paru-paru Berbasis AI – Ketika masa pandemi seperti sekarang ini, Dunia bahu membahu melawan COVID-19 dengan berbagai cara termasuk dengan kekuatan dari dunia teknologi. Hal ini pun turut menarik perhatian Intel untuk menyuguhkan sejumlah teknologi besutannya untuk memerangi pandemi ini.

Sebut saja contohnya saat ini PT. Alfabeta Solusi Nusantara yang menjadi IoT Market Ready Solutions (IMRS) Intel pertama di Indonesia dilaporkan tengah mengembangkan diagnosis penyakit paru-paru berbasis AI.

Menurut Santosh Viswanathan selaku Managing Director Intel APJ Territory menyebutkan, upaya ini termasuk dalam Pandemic Response Technology Initiative yang dikabarkan oleh Intel baru-baru ini guna meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia.

“Ide utamanya adalah kebutuhan di masa pandemi, untuk kesehatan, pendidikan, bisnis, mempercepat pemulihan aktivitas ekonomi agar tetap berjalan, dan lain-lain. Intel menjamah semua itu dan memainkan peranan besar dalam segala aspek dengan teknologinya,” kata Santosh yang dikutip dari detikINET (10/07/2020).

“Pada dasarnya kami menjalankan apa yang menjadi tujuan utama kami yaitu membuat teknologi yang mengubah dunia, yang memperkaya hidup setiap orang. Itulah yang membuat kami tetap bergerak meski di masa sulit pandemi seperti sekarang,” sambungnya.

Teknologi baru ini memanfaatkan cloud, kecerdasan buatan (AI) dan solusi teknologi berkinerja tinggi untuk menghadapi pandemi COVID-19. Nantinya, teknologi ini akan dipakai pada dada setelah pasien diminta melakukan pemindaian X-ray.

Kemudian, Decision Support System (DSS) berbasis AI akan menyuguhkan analisis visual berdasarkan hasil pemindaian X-ray. Selanjutnya, hasil analisis dikirimkan ke ahli radiologi sebagai referensi pendukung diagnosis, sehingga meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil diagnosis penyakit. Nah itulah Teknologi Baru Lawan Corona, Diagnosis Penyakit Paru-paru Berbasis AI.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!