Tips Membersihkan Fan Laptop Agar Bekerja Optimal

DuniaTeknologi.Info – Berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai tips membersihkan fan laptop. Namun sebelumnya perlu diketahui bersama bahwa kipas laptop merupakan salah satu komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai pendingin. Komponen ini mendinginkan processor yang kemudian fan tersebut akan menghasilkan panas saat laptop sedang memproses data.

Kemudian panas yang dihasilkan tersebut  akan disalurkan melalui saluran udara yang berada di bilah samping laptop yang Anda gunakan. Perlu diingat juga bahwa jika processor semakin memiliki  tugas yang berat, maka panas yang dihasilkan juga semakin tinggi sehingga mau tidak mau kipas laptop akan bekerja lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Baca Juga : Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya
 
Sebelum mengetahui tentang tips membersihkan fan laptop agar bisa terbebas dari kelemotan processor yang luar biasa, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari fan laptop yang sering rusak. Penurunan performa dari fan laptop terjadi karena fan laptop Anda memang sudah akan mengalami kerusakan. Kemudian pada fan laptop sudah terjadi penumpukan debu yang tepatnya terdapat pada badan kipas sehingga memberatkan kinerja kipas yang sedang berputar.

Baca Juga : Kiat Mudah Mencegah Laptop Anda Tidak Mengalami Overheat

Berikut ini telah kami rangkum beberapa langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak perlu berlama-lama langsung saja simak tipsnya di bawah ini :

  1. Sebelumnya Anda perlu mempersiapkan obeng berukuran kecil yang memiliki kekuatan magnet pada ujungnya dan juga kuas kecil yang kering dan juga berbagai alat utama melakukan pembersihan kipas laptop.
  2.  Kemudian hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka baterai laptop tentunya. Selanjutnya lihatlah bagian bawah baterai tersebut biasanya terdapat scrup atau baut yang memiliki ukuran kecil.
  3. Bukalah satu persatu baut atau scrup yang terpasang lalu kemudian tempatkanlah baut tersebut ke tempat yang aman agar Anda tidak susah mencarinya lagi.
  4. Setelah dibuka langsung nada angkat casing laptop secara perlahan kemudian lakukan pengecekan apakah masih ada baut lagi yang masih tertutupi oleh casing atau tidak.
  5. Kemudian setelah melakukan pengecekan dan tidak ada lagi baut yang tersisa, Anda bisa langsung menggunakan kuas kecil yang sudah disiapkan. Kuas kecil tersebut diperlukan untuk membersihkan debu yang berada di kipas sampai benar-benar bersih.
  6. Kemudian cek ulang bagian laptop yang terlihat kotor. Bagian tersebut seperti ventilasi udara dan juga bagian lainnya yang juga kotor.
  7.  Setelah melakukan pembersihan kipas Anda bisa langsung memasang casing laptopnya kembali.

Belum sampai di sini perjuangan Anda untuk membuat kinerja laptop tidak lemot, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini seperti alat yang digunakan. Diusahakan alat yang digunakan merupakan alat yang tidak dalam kondisi yang basah. Kemudian perhatikan juga kabel USB yang selalu menghubungkan port USB Anda dengan motherboard karena kedua komponen ini mudah sekali terlepas.

Usahakan Anda memperhatikan posisi dari baut yang sudah dilepaskan sehingga saat pemasangannya tidak ribet dan pada saat Anda memasang casing, perhatikanlah dengan seksama karena Anda harus memastikan apakah casing sudah menyatu sebelum baut terpasang lagi kemudian langsung saja cek kinerja dari laptop Anda, apakah masih saja lemot ataukah kinerja dari laptop Anda menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Setelah mengetahui tips tersebut Anda bisa  langsung mempraktikkannya di rumah. Demikian informasi lengkap yang ampuh dan penting ini mengenai tips membersihkan fan laptop yang baik dan juga benar.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

2 Comments

  1. Iya begitulah gan, usahakan saat bermain laptop berada pada dudukan yang rata dan hindari yang berpotensi masuk debu seperti kasur atau di atas bantal yang bisa membuat laptop anda saluran pembuangan terganggu yang malah debu masuk ke laptop agan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!