Tips Membuat Video Literasi | Cocok buat IG Story dan WA!

Tips Membuat Video Literasi | Cocok buat IG Story dan WA!

Tips Membuat Video Literasi – Sekarang platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram, dan sebagainya telah berkembang pesat, orang-orang jadi semakin ekspresif dan masif dalam mengunggah momen-momen mereka, entah bersama keluarga ataupun teman-teman.

Bukan hanya itu saja. Keinginan para penggunanya untuk mengunggah aneka momen anti mainstream membuat makin banyak konten kreatif bermunculan.

Diantaranya bentuk konten yang sedang viral saat ini adalah video literasi. Seperti apa bentuk konten tersebut dan bagaimana cara membuat video literasi yang unik, kece, dan kreatif? Simak ulasan berikut ini! DAFTAR ISI

Apa Itu Video Literasi?

Cara Membuat Video Literasi Instastory Instagram 660x348 C943b

Sumber foto: Pro.co.id

Secara garis besar, video literasi adalah jenis video yang menggabungkan gambar ataupun foto dengan objek yang bergerak.

Biasanya video jenis ini juga digabungkan dengan background song yang menarik serta kata-kata mutiara yang ingin disampaikan pada audiens, entah itu keluarga, teman-teman, atau orang yang melihat konten tersebut.

Tujuan seseorang membuat video literasi banyak sekali. Mulai sebagai ajang dakwah agama, bentuk ekspresi romantis antar pasangan, atau hanya untuk mengungkapkan isi hati lewat konten kreatif tersebut, guys.

Karena konten ini cukup banyak bertebaran di WA atau IG story, maka banyak orang ingin mengetahui Cara Membuat Video Literasi Dengan Musik Di Instagram atau WA yang simpel dan gampang.

Maka dari itu, buat Anda yang ingin tahu cara bikin video literasi bergerak, yuk ikuti panduan yang diberikan Jaka berikut ini!

Cara Membuat Video Literasi

Cara membuat video literasi sendiri beragam dan bisa Anda lakukan baik di PC ataupun Android. Nah, kali ini kami hanya akan membahas mengenai cara membuat video literasi di Android karena jauh lebih gampang dan sederhana.

Nggak cuma itu, di sini Anda juga akan kami berikan informasi cara membuat video literasi 30 detik atau 15 detik sesuai dengan selera dan konsepmu sendiri. Jadi jangan terpaku pada waktu tertentu ya, guys!

Nanti Anda juga aan tahu cara membuat video literasi dengan musik, mengingat video literasi biasanya memasukkan aneka jenis musik untuk menambah daya tarik konten. Berikut panduan cara membuat video literasi yang bisa Anda ikuti!

Cara Membuat Video Literasi Bergerak

DI video literasi, biasanya Anda akan melihat efek bergerak pada langit, sungai, ataupun laut. Tentu saja Anda memerlukan aplikasi photo editor yang cocok di HP mu. Kali ini kami akan menggunakan aplikasi Zoetropic.

Download sekarang: Zoetropic – Photo in Motion

Buat Anda yang pengin tahu cara membuat video literasi bergerak dengan gaya dan konsep favoritmu, berikut panduannya!

Langkah – 1: Buka aplikasi Zoetropic, nanti Anda akan masuk ke layar baru. Tekan Tap here to get started, lalu pilih Gallery. Silakan pilih gambar yang mau Anda kreasikan.

1 80795

Langkah – 2: Setelah itu, pilihlah opsi Motion. Di sana nanti Anda akan menemukan tanda panah berwarna kuning.

2 4d4a2

Letakkan panah kuning tersebut di objek benda yang ingin Anda gerakkan. Usahakan objek tersebut berupa laut, aliran air/sungai, atau awan/langit ya!

Langkah – 3: Setelah itu, pilih opsi Mask. Opsi ini bakal membekukan semua objek yang diblok berwarna merah supaya tidak ikut bergerak, misalkan saja gedung, gunung, batu, daratan, dan sebagainya.

3 06f9e

Langkah – 4: Di sini, Anda dapat mengkreasikan kontenmu dengan musik ataupun teks.

Cara membuat video literasi tersebut cukup mudah. Pilih opsi Audio, lalu pilih musik sesuai seleramu, entah dari folder HP mu atau dari pilihan musik yang telah disediakan Zoetropic.

4 52f36

Untuk membuat teks pun tidak susah. Pilih opsi Text, lalu ketik kata-kata inspirasi yang ingin Anda tulis. Hanya saja yang jadi kelemahan, di sini Anda tidak dapat menemukan pengaturan rata kiri, tengah, ataupun kanan.

5 0effb

Langkah – 5: Nah, gimana sih cara liat teaser video yang dibikin? Gampang banget! Anda hanya perlu tekan gambar segitiga berwarna mozaik biru, ungu, dan hijau yang ada di sisi kiri layar.

Dari situ Anda bisa tahu hasil videomu nanti seperti apa. Jika ada yang kurang, tinggal dibenerin, deh!

Langkah – 6: Kalau telah selesai semuanya, yang perlu Anda lakukan adalah menekan simbol titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

6a Fb055

Anda diberi kebebasan untuk mengatur speed, repetitions, video time, serta resolution. Namun jika anda rasa tidak perlu, langsung pilih Save. Terserah mau Anda simpan dengan format MP4 atau GIF, guys!

Itulah tadi cara membuat video literasi bergerak dengan menggunakan aplikasi khusus, dalam hal ini Zoetropic. Anda juga bisa membuat video literasi dengan aplikasi lainnya, loh!

Cara Membuat Video Literasi dengan KineMaster

Salah satu aplikasi edit video Android terbaik yang bisa kamu pakai untuk membuat video literasi adalah KineMaster. Kamu bisa mendownloadnya di bawah ini:

Langkah – 1: Buka aplikasi KineMaster. Di sana Anda akan dihadapkan pada 2 opsi, Project Assistant dan Empty Project. Karena kami akan memandu Anda secara langsung, pilih Empty Project.

Langkah – 2: Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman editing dengan berbagai menu di dalamnya.

6 F939f

Yang harus Anda lakukan pertama adalah memilih video/gambar yang hendak dipakai. Maka dari itu, klik Media yang ada di Menu lingkaran sisi kanan atas, lalu pilih video/gambar yang bakal kamu pakai.

Langkah – 3: Setelah Anda tentukan gambar/videonya, silakan atur durasi yang Anda inginkan, apakah itu 15 detik, 30 detik, atau berapapun sesukamu.

7 D400f

Caranya simpel, cukup geser ke kiri atau kanan pada bagian yang ditunjukkan di gambar.

Langkah – 4: Pada Menu lingkaran sisi kanan atas, Anda dapat menambahkan aneka konten yang Anda inginkan.

Misalkan saja,Anda ingin tahu cara membuat video literasi dengan musik. Caranya gampang. Tekan opsi Audio, pilih lagu yang mau Anda pilih sebagai bagian dari kontenmu, lalu tekan simbol plus berwarna merah.

8 2c46f

Jika musikmu kebetulan terlalu panjang, Anda dapat mengaturnya sendiri dengan cara menekan lagu tersebut, lalu pilih opsi Trim/Split.

Langkah – 5: Jika Anda ingin menambahkan teks, tekan opsi Layer pada Menu utama, kemudian pilih Text.

9 Eb7da

Nantinya Anda dapat memilih font terbaik untuk kontenmu, lengkap dengan animasi yang bakal bikin kontenmu makin kece, guys!

10 A4664

Langkah – 6: Kalau sudah selesai, tekan opsi Export and Share yang ada di pojok kanan atas layar, kemudian pilih Export.

11 E1912

Itulah tadi cara membuat video literasi dengan KineMaster.

Kesimpulan

Itulah tadi panduan cara membuat video literasi paling mudah dan praktis buat memudahkan Anda. Gampang banget, bukan? Gimana menurutmu?

Jika misal Anda punya cara bikin video literasi lain yang lebih kreatif dan gampang, tulis di kolom komentar di bawah ini, ya! Sampai jumpa pada artikel Dunia Teknologi selanjutnya!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!