Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh, Secara Alami dan Cepat

Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh, Secara Alami dan Cepat

Siapa yang dapat menahan sakit gigi? Banyak yang tidak tahan menahan siksaan sakit gigi bahkan sampai ada lagunya lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sakit gigi membuat sangat tidak nyaman, karena gigi cenut-cenut rasanya. Untuk itu kami berikan informasi mengenai penyebab sakit gigi dan tips mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh, secara alami dan cepat.

Mau minum susah, mau makan hingga tidur pun susah. Sakit gigi seringkali mengganggu mood atau suasana hati seseorang. Terkadang orang yang mengalami sakit gigi sampai menangis karena tidak betah dengan rasanya.

Umumnya, memang dikarenakan oleh gigi berlubang. Tapi ada juga juga sakit gigi karena gigi hendak tanggal. Hal ini juga menjadi lazim untuk anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa.

Namun bukan hanya pada anak sakit gigi berlubang bisa dialami oleh siapa saja termasuk orang dewasa hingga lanjut usia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit gigi berlubang itu.

Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang tersebut, di antaranya adalah:

Penyebab gigi berlubang

1. Cara menyikat gigi yang salah

Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya mulut tidak bau. Hal ini sebenarnya cara berpikir yang salah. Karena jika Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi tidak akan terbasmi dengan sempurna.

Hal ini akan memicu kuman pada sisa makanan menyebabkan gigi berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

2. Jarang menyikat gigi

Penyebab gigi berlubang yang sering dilakukan biasanya adalah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi berlubang.

Rajinlah menyikat gigi minimal 3 kali sehari.Pagi setelah sarapan, sore ketika mandi dan sebelum tidur. usahakan jangan makan apapun setelah Anda sikat gigi sbelum tidur.

3. Sikat gigi salah

Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi. Misalnya mulut Anda kecil namun memakai sikat gigi yang besar.

Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua bagian gigi dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi semua dengan sempurna.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika Anda begitu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

5. Karies gigi

Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera ditangani maka bisa jadi gigi Anda berlubang atau parahnya harus dicabut agar infeksi tidak menyebar.

Karies gigi bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut, dan faktor-faktor lainnya

Karena itu banyak yang mencari cara mengobati sakit gigi berlubang, baik secara alami maupun dengan obat modern. Namun, mengobati sakit gigi dengan obat terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit apalagi untuk biaya cabut gigi bila diperlukan sesuai anjuran dokter.

Anda bisa menggunakan cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh pada anak dan orang dewasa, secara alami dan cepat yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tips mengobati sakit gigi berlubang, secara alami dan cepat

1. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan garam

Cara pertama dan tradisional yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang yang mujarab adalah dengan garam. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Garam merupakan antiseptik alami bau kesehatan mulut. Cara mengobati sakit gigi dengan garam dengan masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat.

Aduk garam tersebut hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali selesai sikat gigi agar kuman maupun bakteri dapat dibasmi hingga mati dan hilang.

2. Cara mengobati sakit berlubang dengan cengkeh

Cara mengobati sakit berlubang dengan cengkeh

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kandungan cengkeh dapat meringankan sakit gigi. Cengkeh merupakan tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon myrtaceae dan mengandung bahan aktif eugenol.

Bahan yang berperan sebagai obat bius alami dengan mematikan sinyal saraf pemicu sakit. Nyeri pun bisa berkurang, termasuk sakit gigi. Bukan hanya itu, eugenol mempunyai sifat antiinflamasi alami yang dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa nyeri akibat peradangan tersebut.

Ini terkadang menjadi pertolongan pertama biasanya yang dilakukan puskesmas ataupun rumah sakit ketika Anda menaut gigi Anda yang sakit.Caranya adalah dengan kandungan minyak cengkeh.

Cara mengobati sakit berlubang dengan cengkeh dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Dalam Journal of Dentistry, dilaporkan bahwa minyak cengkeh sanggup menggantikan peran obat benzocaine untuk meredakan nyeri ringan. Benzocaine sendiri adalah obat bius lokal yang bekerja menghambat sinyal saraf di tubuh. 

3. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan jeruk lemon

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan jeruk lemon© Shutterstock

Fungsi alkali alami dari asam dalam jeruk lemon agar kadar pH dalam mulut seimbang. Disamping itu, jeruk lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar lenyap dan bersih.

4. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan daun jambu biji

Daun jambu biji juga merupakan Cara mengobati sakit gigi secara alami dan cepat selanjutnya. Ternyata, daun jambu biji juga berguna sebagai antibakteri untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu, daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat.

Yang perlu Anda lakukan hanya mengunyah jambu biji atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih© Shutterstock

Bawang putih banyak diketahui pakar kesehatan sebagai antiseptic alami juga bisa menjadi pengobat sakit gigi Anda. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih adalah menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan 1 sendok teh garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan daun sirih

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan daun sirih© Shutterstock

Daun sirih bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang yang mujarab secara alami dan cepat. Pernah memperhatikan nenek atau kakek mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah adalah daun sirih.

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

7. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang merah

Selain bawang putih, Bawang merah juga mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan 1 sendok teh garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

8. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan jeruk nipis

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan jeruk nipis© Shutterstock

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

9. Cara mengobati sakit berlubang dengan belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut. Caranya dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

10. Cara mengobati sakit berlubang dengan asam jawa

Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menyangrai (memasak tanpa minyak) biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

11. Cara mengobati sakit berlubang dengan merica

Merica juga bisa menjadi cara mengobati sakit gigi ampuh karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

12. Cara mengobati sakit berlubang dengan serai

Serai dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Selain itu, serai juga dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian Anda gunakan buat berkumur.

13. Cara mengobati sakit berlubang dengan jahe

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan jahe© One Green Planet

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

14. Cara mengobati sakit berlubang dengan getah jarak

Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

15. Cara mengobati sakit berlubang dengan air kelapa

Tips mengobati sakit gigi berlubang terakhir dengan Air kelapa yang berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

Itulah tips mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh, secara alami dan cepat, yang bisa dicoba di rumah. Jika belum sembuh juga, sebaiknya dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!