Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan

Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan

Liburan akhir tahun bisa menjadi momen yang paling ditunggu, untuk mengajak keluarga pergi berlibur ke suatu tempat yang diinginkan. Namun jangan lupa untuk mengamankan rumah dari bahaya kebakaran, pencurian dan musibah lain. Maka dari itu simak tips rumah aman saat ditinggal liburan untuk menekan jumlah kerugian yang kemungkinan bisa timbul.

Seringnya terjadi kasus pada rumah yang ditinggal liburan diantaranya kebakaran karena korsleting listrik maupun selang gas yang belum dilepas, dan air yang meluap karena sumber air tidak dimatikan.

Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan

Sebenarnya ada banyak tips untuk mengamankan rumah saat ditinggal liburan maupun kembali pulang ke kampung halaman. Namun pada kesempatan kali ini dirangkum menjadi 8 tips saja yaitu:

  1. Pastikan rumah sudah dibersihkan

Bersihkan rumah dari semua sampah agar tidak menimbulkan bau busuk ketika ditinggalkan dalam waktu cukup lama. Tutup lubang pembuangan air di dapur maupun kamar mandi untuk mengantisipasi datangnya kecoa dan tikus masuk.

  1. Matikan sumber air, gas dan listrik

Penyebab utama rumah terbakar ketika ditinggal liburan adalah korsleting listrik. Kemudian penyebab lain dari musibah pada rumah ialah saluran gas LPG yang lupa untuk dicabut dan selalu matikan sumber air jika menggunakan PAM.

  1. Simpan barang berharga di tempat aman

Jika Anda meninggalkan rumah dalam kurun waktu lama untuk liburan, maka ada dua tips rumah aman saat ditinggal liburan yaitu gunakan safety box atau brankas dan taruh di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh siapapun. Kedua, manfaatkan pegadaian untuk menyimpan barang berharga seperti emas, sertifikat dan benda berharga lainnya.

Simak tips penting lainnya:

  1. Kondisikan rumah berpenghuni

Tips keempat yaitu taruh sepatu maupun sandal di depan pintu maupun di halaman rumah. Hal tersebut untuk mengecoh para pencuri yang sedang mengincar rumah kosong. Gunakan pula lampu otomatis yang dapat menyala dan mati pada jam tertentu.

  1. Laporkan pada ketua RT bahwa rumah sedang kosong

Apabila Anda tinggal di perumahan. Maka ada baiknya melaporkan kepada satpam perumahan bahwa Anda akan pergi untuk beberapa hari atau minggu kedepan. Sehingga satpam tersebut akan membantu mengawasi rumah hingga Anda kembali. Laporkan juga kepada ketua RT untuk membantu menjaga rumah jika terjadi sesuatu.

  1. Pasang alarm dan cctv

Tips rumah aman saat ditinggal liburan selanjutnya adalah dengan memasang alarm dan cctv sebagai keamanan ekstra. Pasang alarm tersebut pada pintu dan jendela yang mungkin bisa dijadikan tempat masuknya pencuri. Sehingga jika alarm berbunyi, maka tetangga rumah Anda akan mengetahuinya juga. Selain itu, pasang cctv pada beberapa lokasi yang rawan dan strategis. Agar Anda juga dapat mengawasinya saat pergi berlibur.

  1. Titipkan rumah pada tetangga selama liburan

Selain minta tolong kepada petugas keamanan dan ketua RT. Ada baiknya Anda juga bicara dengan tetangga, bahwa akan pergi berlibur agar mereka ikut mengawasi rumah ketika sedang kosong.

  1. Hindari update status di media sosial

Batasi akses ke status Anda di media sosial, agar tidak menjadi celah yang mungkin dimanfaatkan oleh orang-orang yang sedang mengincar rumah kosong.

Selain itu, tips rumah aman saat ditinggal liburan yang terakhir adalah periksa ulang pintu, jendela, ventilasi rumah. Pastikan sudah tertutup dan terkunci rapat sebelum pergi. Agar tidak menjadi celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang mengincar rumah kosong. Nah, sudah siap liburan?

About the Author: Kontenmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!