Toyota Perkenalkan Kirobo Mini, Robot yang Mampu Merangsang Naluri Keibuan

DuniaTeknologi.infoPerusahaan-perusahaan teknologi dan elektronik Jepang sepertinya memang tidak pernah kehabisan inspirasi. Baru-baru ini Toyota Motor Corp telah meluncurkan sebuah robot yang seukuran telapak tangan manusia, robot ini memiliki mata. Robot mini tersebut dijuluki sebagai Kirobo Mini. Kirobo Mini dirancang sebagai robot pendamping bayi sintetis di Jepang, hal ini karena angka kelahiran anak di Jepang mengalami penurunan dikarenakan banyaknya wanita Jepang yang sulit mendapatkan seorang anak.

Robot Kirobo Mini Pendamping Bagi Calon Ibu

Toyota Motor Cord adalah anak perusahaan dari Toyota yang bergerak di bidang non-otomotif, perusahaan ini bertujuan untuk memanfaatkan tren demografi di Jepang yang mana tren ini telah menempatkan Jepang di garis depan negara penuaan diantara negara-negara industri yang ada di dunia.
Hal ini mengakibatkan kontraksi populasi di Jepang belum pernah terjadi untuk ukuran sebuah negara yang tidak dalam kondisi berperang, sedang dilanda oleh bencana kelaparan ataupun serangit penyakit menular.
Fuminori Kataoka, selaku Desain Chief Engineer dari Robot Kirobo Mini mengatakan, “Dia sedikit tertatih, dan ini dimaksudkan untuk meniru bayi yang hanya bisa duduk, dan belum sepenuhnya memiliki kemampuan yang dapat menyeimbangkan dirinya sendiri,”
Robot tersebut didesain sedemikian rupa tentu agar ia dapat menjalin hubungan emosional yang lebih kuat terhadap para calon ibu. Toyota berencana akan menjual Robot  Kirobo Mini seharga ¥ 39.800 atau setara Rp 5,1 Jutaan.
Robot Mini yang bisa mengedipkan mata dan juga berbicara dengan suara bernada tinggi seperti layaknya bayi ini direncanakan akan diluncurkan di Jepang pada tahun depan. Robot Kirobo Mini ini juga dilengkapi dengan aksesoris “cradle” yang berfungsi sebagai kursi bagi bayi.

Jepang Alami Krisis Populasi Paksa Perusahaan Berinovasi

Pada Saat ini Jepang memang sedang dilanda krisis kurangnya populasi, terutama populasi yang masuk ke dalam usia produktif. Hal ini tambah diperparah lagi dengan keengganan pemerintah untuk mengundang imigran guna untuk meningkatkan populasi usia kerja, pemerintah jepang lebih memilih menggunakan robot sebagai pengganti pekerja di negara mereka.
Sejak beberapa tahun belakangan Jepang sudah menjadi pengguna utama dari robot industri. , Menurut International Federation of Robot negara Ini memiliki konsentrasi robot pekerja terbesar kedua setelah Korea Selatan dengan perkiraan ada 314 mesin per 100.000 jumlah karyawan.
Semakin berkembangnya teknologi robotik memang membuat robot seolah semakin dekat dengan manusia, pada era ini robot tidak lagi hanya digunakan untuk membantu pekerjaan di pabrik-pabrik saja. Ada Sebagian jenis robot yang telah dipekerjakan di rumah-rumah masyarakat, dikantor, ditoko-toko dan dirumah sakit.
Kataoka juga mengatakan bahwa Toyota memang sengaja berinvestasi secara besar-besaran untuk terus mengembangkan kecerdasan buatan agar mampu melakukan tindakan secara mandiri (Mobile Self-Driving), 
Toyota melihat Robot Kirobo Mini sebagai salah satu batu loncatan baru untuk industri robot humanoid  yang lebih canggih dimasa depan. Robot humanoid adalah tipe robot yang dirancang agar mampu mengenali dan bereaksi terhadap emosi manusia dan lingkungan yang ada disekitarnya.
Diketahui bahwa Jepang adalah negara dengan perkembangan robotik yang sangat pesat, berbagai inovasi robot lahir dari Negeri Sakura ini, dan robot humanoid adalah salah satu tipe robot menjadi prioritas pengembangan utama oleh berbagai perusahaan teknologi dan elektronik yang ada di Jepang, termasuk Toyota.
Kirobo Mini sendiri memang sengaja didesain memiliki tingkah serupa bayi, dengan tingkah yang lugu dan menggemaskan, diharapkan robot ini mampu merangsang naluri keibuan daripada calon ibu yang ada di negeri Sakura Jepang. [DT]

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!