Trik Memotret untuk Menghasilkan Foto Lebih Tajam dengan Mudah

DuniaTeknologi.Info – Untuk menghasilkan foto yang keren dan lebih tajam ternyata ada trik tersendiri yang bisa dilakukan. Bagaimana caranya? Nah, langsung saja ya kita bahas sama-sama mengenai trik memotret agar foto lebih tajam berikut ini. Silahkan disimak guys!
Tips Memotret Agar Foto Lebih Tajam
1. Menggunakan Tripod
 
Tripod berfungsi untuk menjaga agar kamera tidak bergerak atau bergoyang saat memotret. Jika menggunakan tangan, seringkali tangan bergoyang saat memotret sehingga menghasilkan gambar yang kurang maksimal.
2. Pegang Kamera dengan Benar
 
Jika Anda memang tidak memiliki tripod, Anda dapat memperhatikan teknik memegang kamera yang benar agar tidak goyang. Pegang kamera dengan kuat sampai proses memotret selesai, sehingga gambar tidak blur dan tetap tajam.
3. Menggunakan Kabel Rilis
 
Trik memotret agar foto lebih tajam selanjutnya yaitu dengan memakai kabel rilis (cable release). Dengan adanya kabel ini Anda tak perlu lagi menekan tombol shutter dengan jari saat memotret. Hal ini dapat mengurangi adanya goncangan yang bisa ditimbulkan oleh tangan.  Kabel rilis ini bisa berbentuk kabel kabel fisik yang menempel pada kamera maupun yang sudah lebih canggih yaitu dengan menggunakan remote nirkabel.
4. Manfaatkan Timer Kamera
 
Anda juga bisa memanfaatkan timer yang dibekalkan pada setiap kamera. Dengan adanya timer, akan mengurangi adanya goncangan saat memotret, karena kamera akan memotret secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan.
5. Aktifkan Mirror Lock Up
 
Trik memotret agar foto lebih tajam selanjutnya yaitu mengaktifkan mirror lock up, jika Anda menggunakan kamera DSLR. Kamera DSLR dibekali oleh sebuah cermin yang akan menampilkan gambar. Nah, untuk menghasilkan gambar yang tajam, Anda harus mengunci cermin agar tidak bergoyang saat mnegambil objek, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengaktifkan fitur mirror lock up.
6. Mengaktifkan Stabilizer Lensa
 
Fitur ini berfungsi untuk menambah ketajaman foto. Anda bisa mengaktifkan fitur stabilizer untuk menghasilkan foto yag jernih dan tajam.
7. Pakai Lensa Terbaik
 
Kualitas foto juga ditentukan dari kualitas lensa kamera yang Anda pakai. Untuk itu, agar hasil foto lebih tajam, usahakan untuk menggunakan lensa kamera terbaik.
8. Letakkan Fokus dengan Tepat
 
Untuk menghasilkan foto yang keren, tentu Anda harus memperhatikan fokus objek yang ingin Anda foto. Untuk itu, sebelum memotret, pastikan fokus sudah tepat.
9. Memotret dengan Pencahayaan Bagus
Trik memotret agar foto lebih tajam adalah menggunakan pencahayaan yang pas. Saat ingin memotret, pastikan Anda mendapatkan cahaya yang cukup sehingga akan menghasilkan foto yang tajam dan jelas juga.
10. Manfaatkan Live View pada Kamera
 
Fitur live view berfungsi untuk menempatkan titik fokus pada saat Anda memotret. Hal ini dapat membantu Anda menghasilkan foto yang tajam.
11. Rawat Lensa
 
Trik selajutnya yaitu berkaitan dengan perawatan perangkat kamera. Lakukan pembersihan secara berkala untuk tetep menjaga kualitas lensa. Bahkan, jika Anda memiliki lensa kamera dengan umur tua, Anda bisa membawanya ke servis untuk dikalibrasi dengan body kamera Anda sehingga dapat membantu kecepatan autofocus.
12. Pelajari Trik Memotret
Memotret benda diam tentu lebih mudah dibandingkan memotret benda bergerak. Nah, untuk tetap menghasilkan foto yang jernih, jelas, dan tajam pada benda bergerak tidaklah mudah. Untuk itu, pelajarilah trik-trik untuk memotret khususnya pada benda bergerak.
13. Manfaatkan Tombol Diopter Adjustment
Tombol Diopter Adjusment pada kamera berfungsi untuk membantu menyesuaikan ketajaman viewfinder. Anda bisa menggunakan tombol ini jika merasa viewfinder terlihat kurang fokus.
14.  Perhatikan Mata
 
Saat Anda memotret orang, pastinya bahwa matanya menjadi titik fokus. Hal ini akan membantu menghasilkan foto yang berkualitas tajam.
Nah itu dia beberapa trik memotret agar foto lebih tajam dan memuaskan. Selamat Mencoba.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!