Tutorial Menggunakan Trusti, Platform Sertifikasi Data Berbasis Blockchain

Tutorial Menggunakan Trusti, Platform Sertifikasi Data Berbasis Blockchain

Trusti adalah penerapan nyata dan tepat guna teknologi blockchain untuk sertifikasi data. Dibesut oleh anak Yogyakarta, Damos Hanggara Trusti mengusung teknologi blockchain Vexanium yang dipadukan dengan IPFS (Interplanetary File System). Berikut tutorial lengkap menggunakan Trusti.

Tutorial Menggunakan Trusti

Tutorial Menggunakan Trusti… by Dunia Teknologi on Scribd

Trusti Tutorial Book by Andi Setiawan on Scribd

Trusti adalah penerapan nyata dan tepat guna teknologi #blockchain untuk sertifikasi data. Dibesut oleh anak Yogyakarta, Damos Hanggara Trusti mengusung teknologi blockchain #Vexanium yang dipadukan dengan IPFS (Interplanetary File System).

Dikutip ari situs Digitalis.id Penilaian berdasarkan dari kualitas, efektivitas dan aksesibilitas dari Dapps tersebut. Dapps Incentive Program 2019 ini bisa dibilang berhasil menarik minat anak bangsa untuk membuat dapps di Vexanium. Karena untuk di fase pertamanya, peraih penilaian tertinggi jatuh kepada Trusti, dapps yang dibuat oleh developer asal Yogyakarta, Damos Hanggara.

Sebelumnya, Damos menggunakan blockchain Ethereum untuk Trusti, tetapi kini ia memutuskan untuk berpindah ke Vexanium dikarenakan skalabilitasnya. Vexanium memiliki kecepatan dua ribu transaksi per detik, yang tentunya jauh lebih efisien dibandingkan Ethereum yang hanya memiliki kecepatan 15 transaksi per detik. Trusti sendiri adalah web platform di mana penggunanya dapat mencatat dan memverifikasi keabsahan suatu file digital. Hal ini lah yang membuat Trusti membutuhkan skalabilitas yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan teknologi blockchain Vexanium, data akan menjadi lebih efisien dan aman. Karena sifat data hash adalah unik, maka apabila isi file berubah, data hash-nya juga akan berubah. Setiap data yang diunggah ke Trusti dan diverifikasi akan menjadi unik dari data lainnya.

Cara kerja Trusti masih sama ketika masih menggunakan Ethereum sampai dengan sekarang menggunakan Vexanium. Bedanya, Trusti akan merilis fitur baru seperti update dan transfer aset dan tak menutup kemungkinan untuk menambah fitur lainnya, di mana penggguna dapat mengunduh sertifikat digital dalam bentuk PDF, dilengkapi dengan thumbnail file aslinya.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!