Ukuran Gambar Posting Foto Instagram yang benar

Ukuran Gambar Posting Foto Instagram

Sekarang media sosial yang menjadi favorit banyak orang? Kebanyakan orang memilih instagram atau yang biasa disebut dengan singkatan “IG”. Platform jejaring sosial ini mempunyai fitur yang berbeda dari berbagai aplikasi sosial media lainnya. Dimana Anda bisa berbagi foto dan video kepada pengikut Anda. Namun, muncul pertanyaan berapa ukuran gambar untuk posting foto di instagram yang benar?

Untuk semakin menikmati penggunaan instagram, terkadang pengguna akan merasa puas apabila berhasil memposting gambar dan video dengan pas dan tidak pecah. Nah, hal ini bisa terjadi jika Anda menyesuaikan ukuran foto yang ingin Anda posting dengan ketentuan ukuran gambar di Instagram. Apalagi jika Anda adalah seseorang dengan penggemar atau pengikut yang banyak seperti halnya publik figur, artis atau selebgram. Ini adalah suatu hal wajib diketahui.

Foto foto yang diposting atau di pajang di internet sebenarnya mempunyai bentuk persegi sama seperti hasil jepretan dari kamera polaroid. Inilah kenapa awalnya instagram memiliki logo polaroid. Nah, supaya Anda bisa memposting atau upload foto di Instagram dengan pas, tidak terpotong atau bahkan pecah, simak beberapa tips dan triknya untuk untuk mengetahui ukuran besar atau kecilnya gambar Anda. Selengkapnya yuk simak uraian lengkap dibawah ini.

Ukuran gambar posting Foto Instagram yang benar

1. Cara membuat foto Instagram pas dan tidak terpotong

Mungkin Anda sudah tahu bahwa instagram tidak hanya mampu untuk memposting gambar atau video yang ada dalam galeri kita melainkan juga mengambil secara langsung melalui kamera instagram loh. Mungkin ada beberapa diantara Anda yang belum mengetahui fitur ini. Namun, fitur ini memang sudah ada sejak awal. Menariknya ukuran gambarnya tersebut sudah disesuaikan yakni format 1:1 (persegi). Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir kalau gambar akan terpotong.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk membuat gambar atau foto dan video Anda supaya pas dan tidak terpotong. Tahap pertahap dengan memanfaatkan fitur canggih dari instagram, silahkan cermati :

  • Pertama Anda buka aplikasi instagram di dalam HP Android atau Smartphone. Selanjutnya, dari halaman utama Anda akan dengan mudah menemukan tombol “tambah” atau “plus”. Biasanya terletak di bagian tengah paling bawah bersama dengan menu lainnya.
  • Setelah memilih fitur plus tersebut, swipe ke kiri apabila Anda ingin memposting foto ataupun video. Anda bisa mengambil foto atau video secara langsung pada kamera instagram.
  • Setelah foto selesai diambil, Anda bisa langsung ke tahap berikutnya dimana ada berbagai filter digital yang akan memungkinkan foto Anda menjadi lebih menarik lebih keren. Tidak hanya filter Anda juga dapat mengatur kecerahan cahaya lalu mengedit foto dengan pilihan Brightness, Adjust, Structure, Contrast, Saturation, Warmth dan lain sebagainya.
  • Apabila sudah selesai dalam mengedit foto, maka cara berikutnya adalah mengklik next pada bagian sebelah kanan di tampilan layar Anda.
  • Tuliskan caption yang menarik atau memberikan tag kepada teman atau bisa juga menambahkan aplikasi supaya tampilannya menjadi lebih menarik. Setelah klik tombol share dan tahapan posting gambar atau video dengan pas dan tidak terpotong.

2. Cara mengetahui ukuran postingan story instagram

Untuk membuat story atau cerita di instagram Ukuran tidak sama dengan upload foto dan video di halaman instagram. Jadi Anda perlu menyesuaikan apakah suatu foto atau video akan diupload pada halaman atau story instagtram. Tentu saja hal pertama yang perlu disesuaikan adalah ukurannya sehingga tampilannya akan lebih rapi dan menarik.

Pertanyaannya bagaimana mencocokkan ukuran atau mengetahui ukuran yang pas untuk membuat instagram story yang benar? Fitur terbaru ini cukup mudah untuk diatur. Sebagaimana yang Anda lihat untuk ukuran story instagram sebenarnya menyesuaikan pada ukuran layar HP Android atau Smartphone Anda. Sehingga akan mudah untuk mengepaskan gambarnya jika Anda mengambil secara langsung pada kamera instagram.

Konten dalam cerita instagram sendiri memang telah dirancang supaya full layar di tampilan Handphone Anda layaknya seperti tampilan snapchat.Oleh sebab itu resolusi untuk gambar sendiri tidak harus diperhatikan karena ukuran postingan Anda akan menyesuaikan rasio pada layar HP Anda. Entah apakah ukurannya 16:9 atau 18:9. Anda juga bisa mengatur supaya foto atau gambar tidak terpotong.

Mungkin Anda bertanya tanya lalu bagaimana caranya mencocokkan foto dengan ukuran 18:9 dilayar HP Android dengan ukuran 16:9? Jawabannya tentu saja bisa, Anda bisa tetap menampilkan gambar secara utuh dengan mengecilkan atau mengepaskannya agar terlihat. Hanya saja, akan nampak sisa frame hitam di setiap pinggiran foto. Hal ini tidaklah buruk sebab Anda bisa mengaturnya lebih menarik dengan menambahkan gif atau stiker.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang ukuran besar kecilnya suatu foto atau video yang bisa Anda upload di Instagram dengan pas yakni tidak terlalu besar atau bahkan terlalu kecil. Hal ini juga tidak hanya berlaku untuk posting foto di instagram melainkan juga pada fitur terbaru yaitu instagram story yang mempunyai ukuran berbeda pula. Anda harus mampu membedakan ukuran keduanya dengan tepat dan benar.

Fitur terbaru lainnya yang juga patut Anda perhatikan adalah ukuran untuk upload video IGTV. Fasilitas berbagi video dengan durasi lebih panjang dan lama ini juga mempunyai ukuran yang perlu disesuaikan untuk Anda bisa memanfaatkan dengan baik. Tentunya dengan menerapkan tips dan trik memperhatikan ukuran gambar dan video yang akan Anda posting memungkinkan untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda karena postingan yang bagus, keren dan tidak pecah. Semoga informasi ini bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!