Ukuran sebenarnya dari umpan Instagram tidak boleh buram

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa ukuran feed Instagram yang direkomendasikan sebelum mengunggah foto, video, atau postingan ke IGTV? Pertanyaan ini muncul karena foto yang mereka unggah di feed IG mereka tidak pas, buram, buram, rusak, dan bahkan terpotong.

Sungguh menyebalkan, bukan saat kita memiliki foto atau video yang bagus dan siap untuk diunggah ke feed Instagram, tapi hasilnya ternyata jelek karena buram atau terpotong?

Yang perlu Anda ketahui adalah Anda harus memenuhi persyaratan Instagram untuk dimensi piksel dan rasio aspek foto. Karena jika tidak memenuhinya maka hasil postingan di feed instagram akan berubah dan tidak sesuai dengan aslinya.

Kalahkan umpan Instagram yang dipotong

Jika diperhatikan, postingan yang dibuat di feed Instagram akan berbentuk persegi. Oleh karena itu sebaiknya gunakan foto atau video berbentuk persegi dengan ukuran yang sesuai agar efek feed di IG tidak terganggu.

Misalnya, jika Anda mencoba mengunggah foto persegi, sebagian foto akan dipotong menjadi persegi. Misalnya, foto dengan ukuran 1200 x 700 piksel, suka atau tidak suka, Anda harus memotong foto sebelum mengunggahnya ke Instagram.

Ukuran umpan Instagram (foto)

Ukuran foto di Instagram

Anda juga harus memperhatikan ukuran foto dan video sebelum mengunggahnya ke feed Instagram Anda, sehingga foto yang Anda masukkan ke feed atau posting Anda tidak buram, kabur atau berkualitas buruk.

Jika Anda termasuk orang yang memperhatikan kualitas makanan di akun IG Anda, ukuran foto dan video menjadi syarat yang harus Anda pahami agar foto yang Anda unggah terlihat bagus dan tidak terpotong atau kabur.

Berikut ukuran foto dan video yang cocok untuk Instagram:

  • Ukuran foto umpan Instagram. Foto yang diunggah harus berukuran minimal 640 x 640 piksel.
  • Atau jika ingin foto beresolusi tinggi, gunakan 1080 x 1080 piksel.
  • Foto profil memiliki dimensi kecil, tetapi menggunakan foto minimal 110 x 110 piksel.

Menggunakan foto dan video beresolusi tinggi akan menghasilkan kualitas postingan Instagram yang baik. Foto dan video di feed akun IG tidak terlihat blur atau buram.

Plus: Sekarang Anda tidak perlu khawatir foto atau feed video Instagram Anda terpotong. Pasalnya, Instagram bisa dengan mudah mengatur aspek rasio 1:1 (persegi).

Ukuran vertikal dan lanskap Instagram

Hal ini didukung oleh fakta bahwa feed Instagram ditampilkan dalam mode landscape dan portrait. Lihat gambar di atas untuk dimensi dan rasio aspek yang disarankan.

Ukuran umpan Instagram (video)

Padahal, ukuran video untuk Instagram sama dengan ukuran foto Instagram. Jadi sebaiknya upload video dengan ukuran yang sudah ditentukan di Instagram agar video tidak blur.

Untuk video di Instagram, hal yang sama juga berlaku untuk foto, yakni 640 x 640 atau 1080 x 1080 px. Tetapi Anda sebenarnya dapat menyesuaikan rasio secara gratis.

Berikut adalah format feed Instagram dan rasio aspek untuk video persegi, lanskap, dan potret:

  • kotak Rasio 1:1 dengan ukuran video Instagram 1080 x 1080 piksel.
  • Lansekap: Rasio 1,91:1 dengan ukuran video Instagram 1080 x 608 piksel.
  • Potret: Rasio aspek 4:5 dengan ukuran video Instagram 1080 x 1350 piksel.

Ukuran video untuk IGTV

Ukuran video untuk IGTV

Selain foto dan video, ada juga postingan di IG yang perlu di-size sebelum diposting ke feed Instagram, yaitu IGTV.

Seperti yang Anda ketahui, IGTV memungkinkan Anda mengunggah dan menonton video berdurasi lebih dari satu menit.

Dan pertanyaannya adalah berapa banyak video IGTV yang disarankan Instagram? Untuk bentuknya, Anda bebas menggunakan mode portrait atau landscape, namun ukurannya harus diperhatikan.

Jika Anda ingin mengirim video IGTV dalam mode lanskap, ukuran ideal untuk diunggah ke umpan Instagram Anda adalah 1920 x 1080 piksel dengan rasio aspek 16:9.

Sedangkan jika ingin membuat video IGTV dalam mode potret, disarankan untuk mengatur ukurannya menjadi 1080 x 1920 piksel dengan aspek rasio 9:16.

Pastikan untuk mengikuti rekomendasi ini agar video tidak pecah atau terpotong. Selain itu, ukuran yang tepat membuat video IGTV memiliki kualitas yang baik, sehingga nyaman untuk ditonton.

Ukuran video untuk Instagram Live

Ukuran video untuk Instagram Live

Instagram Live adalah salah satu postingan di IG yang harus diperhatikan sebelum memposting ke feed. Pasalnya, ukuran yang tidak sesuai akan mengganggu pemirsa siaran langsung.

Itu sebabnya banyak pengguna IG Berapa ukuran video langsung Instagram?

Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan tepat saat Anda memulai Instagram secara langsung. Sebaiknya atur resolusi video ke 720 x 1280 piksel pada 30fps.

Anda dapat mengaturnya langsung melalui smartphone Anda. Untuk menggunakan laptop, Anda membutuhkan aplikasi tambahan untuk meningkatkan kualitas video saat Anda live di Instagram.

Ringkasan ukuran makanan IG

Mungkin penting bagi Anda untuk menyesuaikan ukuran postingan di feed Instagram Anda. Apalagi jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis Anda.

Bagi sebagian orang yang mengunjungi profil IG bisa menjadi penilaian terhadap kualitas postingan atau feed Instagram. Tampilan makanan yang baik dan menarik bisa menjadi nilai plus bagi pemilik akun Instagram.

Jadi periksa apakah posting Instagram Anda benar atau tidak seperti yang disarankan oleh Instagram.

Sebelum mengunggah ke feed Instagram Anda, ini adalah ulasan tentang ukuran foto, video, IGTV, dan Live IG yang sesuai. Jika Anda memiliki masalah atau masalah terkait artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!